fbpx
//Sudah Tahu Tipe Gaya Belajar Kamu Belum?

Setiap orang memiliki tipe gaya belajarnya masing-masing. Ada 3 tipe gaya belajar: Visual, Auditori, dan Kinestetik. Mengetahui gaya belajar yang tepat akan meningkatkan efektivitas belajarmu. Kamu bisa menggunakan media dan teknik yang cocok dalam memaksimalkan potensi yang kamu miliki.

Gaya Belajar Visual

Karakteristik Tipe Gaya Belajar Visual:

👤 Mudah mengingat apa yang dilihat

👤 Suka membaca

👤 Suka menggambar

👤 Tau apa yang ingin dikatakan tapi sulit menyampaikan dalam kata

👤 Mudah terdistraksi oleh keramaian

Sesuai dengan namanya, tipe orang dengan gaya belajar ini mengandalkan kemampuan penglihatan untuk memahami sesuatu. Tipe ini memiliki kecenderungan bermain dengan warna, garis, maupun bentuk. Untuk meningkatkan efektivitas belajarnya, tipe ini dapat memanfaatkan media gambar atau video menarik. Pahami sesuatu dengan ilustrasi dan buatlah catatan yang berwarna. Membuat mind mapping dapat mempermudah belajar tipe visual.

Gaya Belajar Auditori

Karakteristik Tipe Gaya Belajar Auditori:

👤 Mudah mengingat apa yang didengar

👤 Berbicara pada diri sendiri saat belajar

👤 Pandai menirukan nada atau irama suara

👤 Biasanya fasih dalam berbicara

👤 Sulit dengan pekerjaan yang melibatkan visual

👤 Mudah terdistraksi oleh keramaian

Tipe auditori lebih mengandalkan indera pendengar dalam menerima informasi. Untuk meningkatkan efektivitas dalam memahami sesuatu, tipe ini perlu untuk menyimak dengan seksama. Tipe ini bisa memanfaatkan media yang berbentuk audio, seperti musik atau suara pembelajaran, untuk meningkatkan fokus. Untuk lebih mengingat sebuah bacaan, bacalah sembari diucapkan dengan suara pelan. Diskusi bersama teman juga menjadi wadah untuk mendalami materi.

Gaya Belajar Kinestetik

Karakteristik Tipe Gaya Belajar Kinestetik:

👤 Gemar dengan pekerjaan praktek atau aktivitas yang melibatkan gerakan

👤 Melibatkan isyarat tubuh saat berkomunikasi

👤 Menghafal dengan berjalan atau melihat

👤 Terkadang sulit dalam menulis tetapi baik dalam bercerita

Tipe orang dengan gaya belajar kinestetik memiliki potensi pemahaman dengan gerakan. Tidak sekedar membaca atau mendengar, tetapi perlu untuk mempraktekannya. Melalui praktek atau berinteraksi langsung dengan objek yang dipelajari akan memberikan pengalaman tersendiri. Untuk meningkatkan konsentrasi, belajarlah sembari melakukan gerakan, seperti berjalan dan menjentikan jari. Bereksperimenlah dengan hal-hal yang terkait dengan materi pembelajaran. Perkaya pengalaman yang mengaktifkan gerak tubuh untuk meningkatkan pemahaman!

Jadi, gimana Pals, apakah selama ini kamu sudah menerapkan teknik belajar yang sesuai?

2021-11-25T21:16:49-07:00

Leave A Comment

Open chat