fbpx
//Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi Bagi Mahasiswa Baru MNC College

Kesempatan untuk memperoleh pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara. Jika seseorang telah menyelesaikan pendidikan dasar, pertama, dan menengah maka akan dilanjutkan kembali pada jenjang pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi sendiri merupakan jalur yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan wawasan yang lebih luas.

Namun bagi mahasiswa yang baru menempuh pendidikan tinggi masih belum mengetahui bagaimana sistem pendidikan tinggi. Untuk itu, MNC College melakukan kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POMBA) sebagai pengenalan sistem pendidikan tinggi. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2021 diawali dengan penyampaian materi oleh Mariati Tirta Wiyata. Topik yang disampaikan adalah mengenai gerakan nasional revolusi mental, “Mahasiswa-mahasiswa MNC College diibaratkan sebagai tanah liat dan penempatannya diibaratkan para dosen yang ingin membentuk karakter para mahasiswanya agar menjadi lebih baik sesuai dengan visi misi MNC College”.  Makna tanah liat tersebut adalah ketika ingin membuat karya yang unik dan indah dipandang tentu harus mau ditempa, mau dibakar dan mau diubah menjadi lebih baik lagi. Revolusi membangun jiwa merdeka, mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan. “Gagasan revolusi nasional untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berarti putih, berkemampuan baja, bersemangat Elang Rajawali serta berjiwa api yang menyala-nyala” Ujar Maria.

Materi pengenalan sistem pendidikan tinggi selanjutnya disampaikan oleh Rizal Kamsurya. Rizal menyatakan, “Capaian pembelajaran lulusan berdasarkan pada sikap yang bertakwa kepada Tuhan dan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas”. Capaian pembelajaran lulusan dalam hal keterampilan umum yaitu menerapkan pemikiran logis, kritis dan sistematis, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan berstruktur serta mampu menerapkan nilai humanoria dengan keahliannya seperti tata cara, etika dan kritis. “Seorang mahasiswa harus memiliki mindset untuk memperoleh banyak informasi dan fakta-fakta yang ada di dalam lingkungan maupun di luar lingkungan” ujar Rizal.

Acara selanjutnya adalah penyampaikan materi oleh Imam Santosa. Imam menyampaikan bahwa mahasiswa harus mampu menerapkan tiga skills penting yaitu learning skills, literacy skills dan life skills. Learning skills artinya kemampuan dalam berpikir kritis baik dalam kreatifitas maupun komunikasi. Literacy skills terdiri dari teknologi literasi, media literasi, dan informasi literasi. Life skills terdiri dari flexibelity, iniatative, leadership serta productivity.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini ditutup dengan penyampaian materi oleh Lathiyfah mengenai 5 nilai penting MNC college yaitu nilai kejujuran, nilai kecerdasan, nilai kebangsaan, nilai kreativitas dan nilai keberagaman. Nilai kreativitas menjadi penting karena sebagai mahasiswa harus mengetahui etika, komunikasi, dan tidak melakukan plagiarisme. “Hak manusia yaitu menggunakan kebebasan akademik secara bertanggung jawab untuk menuntut dan mengkaji ilmu sesuai dengan norma dan susila yang berlaku dalam lingkungan akademik” ujar Lathiyfah

2021-10-13T00:34:38-07:00

Leave A Comment

Open chat