fbpx
//MNC COLLEGE Sukses Selenggarakan Webinar Inspiratif Memulai Bisnis Startup

Pada hari Selasa tanggal 22 Juni 2021, MNC COLLEGE sukses menggelar webinar bekerja sama dengan Lemonilo. Webinar tersebut merupakan salah satu rangkaian acara MNC College Festival 2021. Webinar yang dilaksanakan melalui zoom tersebut mendatangkan pembicara Shinta Nurfauzia yang merupakan salah satu Co-Fouder serta Co-CEO dari Lemonilo. Peserta yang hadir dalam acara webinar tersebut berjumlah 110 peserta yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Peserta terdiri dari dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, murid, dan umum. Acara webinar ini pun turut dihadiri oleh Jessica Tanoesoedibjo selaku ketua yayasan Hary Tanoesoedibjo.

Mengusung tema “Higher education as Incubator”, Shinta Nurfauzia membagikan pengalamannya mengenai bagaimana perjalanan karirnya yang bukan merupakan mahasiswa berlatar belakang bisnis namun akhirnya membanting setir dari seorang pengacara menjadi seorang entrepreneur. Shinta Nurfauzia juga membagikan pengalamannya mengenai bagaimana cara membentuk Lemonilo bersama founders lainnya. Berawal dari melihat adanya masalah yang merupakan peluang bisnis yang dapat dikembangkan, Shinta Nurfauzia dan founders melihat kasus penyakit diabetes, hipertensi dan sakit jantung sebesar 73% yang menjadi penyebab kematian masyarakat Indonesia sebelum adanya Covid-19. Kesadaran akan pola hidup masyarakat Indonesia yang dianggap kurang sehat menjadi pemicu utama Shinta Nurfauzia untuk menjalankan bisnis Lemonilo.

Topik pembahasan yang disampaikan Shinta Nurfauzia dalam webinar memiliki harapan agar para perserta webinar dapat terinspirasi dengan bagaimana Shinta Nurfauzia dan founders membangun Lemonilo dengan selalu melihat peluang-peluang yang ada untuk berbisnis, salah satunya dengan menjadikan masalah sebagai peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memulai suatu bisnis dalam sektor makanan menurut Shinta Nurfauzia adalah:

  1. Know your Unique Selling Proposition

Ketika memulai suatu bisnis, yang harus dipikirkan adalah apa value bisnis Anda dan apa yang membedakan bisnis Anda dengan yang lainnya.

  1. Licence/Distribution Permit

Ketika memulai suatu bisnis, Anda harus memikirkan perizinan terkait dengan BPOM dan halal. Selain itu bagaimana packaging makanan yang tidak mengambil lisensi dari bisnis lain.

  1. Customer is King

Ketika memulai suatu bisnis, Anda harus selalu memikirkan slogan pelanggan adalah raja. Hal ini dikarenakan pelanggan adalah kunci Anda untuk mempertahankan bisnis. Pelanggan yang puas akan selalu kembali untuk membeli produk Anda.

  1. Always be Open for Feedback

Ketika memulai suatu bisnis, Anda harus membuat suatu feedback karena feedback dapat membantu Anda untuk mengembangkan produk yang lebih baik dan menyelesaikan berbagai masalah. Jangan menganggap feedback itu adalah masalah karena dengan adanya feedback Anda dapat mengetahui keinginan pelanggan.

2021-08-15T23:18:06-07:00

Leave A Comment

Open chat