fbpx
//Pencapaian Taksonomi Bloom Tertinggi Sebagai Sasaran Pembelajaran dalam Pendidikan di MNC College

Taksonomi Bloom adalah framework yang dibuat oleh Benjamin Bloom dan koleganya pada Tahun 1956. Taksonomi Bloom ini menggambarkan mengenai hierarki capaian pembelajaran seorang pembelajar. Hierarki ini dimulai dengan capaian pembelajaran yang paling rendah yaitu “remembering” atau mengingat hingga paling tinggi “evaluating” atau mengevaluasi. Taksonomi Bloom ini mengalami penambahan pada tahun 2011 dengan menambahkan hierarki paling tinggi berupa “creating” atau membuat. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan proses pembelajaran harus dapat bermuara pada implementasi dari hasil belajar tersebut dengan menciptakan produk yang terinspirasi dari hasil belajar. Sehingga proses pembelajaran dapat memberi dampak/manfaat konkret baik bagi si pembelajar maupun kepada lingkungan di sekelilingnya.

MNC College sebagai institusi Pendidikan yang memiliki cita-cita untuk mencerdaskan bangsa sehingga anak bangsa dapat memiliki daya saing global meletakkan hierarki tertinggi pada taksonomi Bloom sebagai sasaran dalam kegiatan pembelajarannya. Persaingan di era digital yang penuh disrupsi memerlukan tenaga kerja yang tidak hanya terampil namun juga memiliki kemampuan “critical thinking” sehingga lulusan diharapkan dapat berpikir tidak hanya one step ahead, namun juga ten step ahead. Kemampuan critical thinking ini akan sangat diperlukan dalam dunia industri dengan segala dinamikanya. Tidak hanya diharapkan dapat memprediksi pola yang akan terjadi di dunia usaha, lulusan MNC College diharapkan dapat menciptakan disrupsi itu sendiri sebagai buah pikir yang inovatif.

2021-01-11T19:54:39-07:00

Leave A Comment

Open chat