//4 Poin Penting Penyampaian Jessica Tanoesoedibjo di New Year Encouragement MNC College

Jakarta – Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan motivasi kepada dosen dan tenaga kependidikan MNC College. Acara yang digelar melalui zoom meeting pada hari Kamis (07/01/2021) diikuti oleh 49 partisipan. Penyampaian motivasi yang dilakukan oleh Jessica Tanoesoedibjo bukan kali pertama, beliau telah menyampaikan beberapa kali materi pada acara seperti POMBA, Dies Natalies MNC College dan Webinar.

Dengan adanya kegiatan New Year Encouragement MNC College, Jessica Tanoesoedibjo berkesempatan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang dapat melewati 2020 dengan baik dan tetap bekerja secara profesional walaupun terdapat ketidakpastian masalah pribadi dan berbagai penyesuaian yang terjadi.

Ada sejumlah poin penting yang disampaikan oleh Jessica Tanoesoedibjo, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Refleksi Tahun 2020

Dalam penyampaiannya, Jessica Tanoesoedibjo menyebutkan berbagai perubahan yang dihadapi selama pandemi khususnya dalam dunia pendidikan.

“Banyak perubahan yang terjadi untuk kita semua dan butuh adanya penyesuaian” ujarnya.

Dalam bidang akademik dan administrasi, semua kurikulum harus disesuaikan menjadi kelas online, semua materi harus diunggah secara online, ujian harus dilakukan secara online, dan dosen serta mahasiswa harus terbiasa untuk penggunaan google meet atau zoom.

Jessica Tanoesoedibjo juga menyampaikan interaksi semakin berkurang, adanya isolasi mandiri, dan rasa cemas terhadap masalah pribadi seperti kecemasan yang berlebihan terhadap covid-19 atau karena terdapat keluarga yang terdampak baik secara kesehatan maupun perkenomian.

  1. Bagaimana membimbing mahasiswa agar lebih baik

Jessica Tanoesoedibjo menyebut bahwa dosen harus mencari cara bagaimana membuat mahasiswa berkembang selama masa pandemi.

“Membangun karakter itu penting agar mahasiswa menjadi tangguh”.

Menurut Jessica Tanoesoedibjo, tidak hanya memastikan bahwa mahasiswa paham materi yang disampaikan dosen, tetapi juga memastikan karakter mahasiswa berkembang. Mungkin terlihat sulit karena tidak ada tatap muka, namun dengan komunikasi yang baik, refleksi diri, bertanya kepada teman maka dapat meningkatkan rasa cinta kepada pengajaran yang nantinya akan memiliki efek kepada mahasiswa untuk menjadi lebih baik dan berkembang.

  1. Hosting better online Classes

Jessica Tanoesoedibjo meminta dosen untuk lebih berempati kepada mahasiswa pada masa pandemi. Mahasiswa mungkin merasa sungkan untuk meminta dosen mengulang kembali ketika terdapat materi yang belum dipahami sehingga perlu adanya survey untuk memperoleh feedback. Untuk memastikan keterlibatan mahasiswa, dosen dapat mewajibkan mahasiswa untuk menyalakan kamera dan memanfaatkan umpan balik non-verbal. Dosen juga dapat memanfaatkan berbagai alat online agar kelas lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Kegiatan Tridharma

Terakhir, Jessica Tanoesoedibjo menyebut perlunya integrasi antara kegiatan tridharma pendidikan, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Penelitian boleh dibidang yang diminati tapi selalu pikirkan apa dampak yang bisa kita berikan juga”.

Dalam melakukan penelitian, dosen dapat melihat kebutuhan dan apa yang dapat dikembangkan sehingga dapat diimplementasikan pada pengajaran, bahkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Terlebih lagi dosen dapat mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi karena pada akhirnya kita semua memiliki tujuan yang sama, yaitu membangun negara Indonesia menjadi lebih baik.

2021-01-11T19:57:37-07:00

Leave A Comment

Open chat