//SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Jakarta – Saat ini, pademi COVID-19 yang tersebar secara masif turut mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Pemerintah menghimbau kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan dari rumah untuk megurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia. Menindaklanjuti pemberlakuan kebijakan pemerintah terkait social distacing, MNC COLLEGE menetapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh untuk para mahasiswa/i. Metode PJJ menggantikan kegiatan belajar-mengajar yang semula dilakukan di ruang kelas secara tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring.

Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh atau biasa disebut PJJ adalah kegiatan belajar-mengajar dimana pendidik dan peserta didiknya berada di lokasi yang berbeda. Kegiatan pembelajaran jarak jauh menuntut kesiapan dari seluruh unsur instansi pendidikan, terutama pendidik dan peserta didik. Pembelajaran jarak jauh juga memerlukan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Kebijakan PJJ sendiri mulai diterapkan pada tanggal 16 Maret 2020 hingga pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kementrian Pedidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) No. 36962/MPK.A/HK?2020.

Metode pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti social media atau aplikasi belajar pada laman internet. Namun, metode ini belum menjadi hal mudah untuk diterapkan bagi seluruh elemen pendidikan. Proses pemebelajaran selalu membutuhkan perencanaan yang matang agar tujuan pendidikan yang diharapkan dapat tercapai. Sistem ini tentunya mengharuskan para pendidik memutar otak agar metode pembelajaran daring dapat berjalan efektif dan peserta didik tetap termotivasi. Pendidik harus mampu menciptakan kegiatan belajar semenarik mungkin dan menjaga materi pembelajaran tetap fresh. Di sisi lain, peserta didik dituntut siap beradaptasi dengan perubahan sistem pembelajaran yang diatur oleh oihak kampus. Peserta didik harus memiliki manajemen waktu yang baik, teknologi yang memadai, serta antusiasme yang tinggi.

Para dosen MNC College telah melakukan berbagai cara mengajar terkait sistem pembelajaran jarak jauh. Sebagai contoh, pembelajaran langsung melalui layanan video conference call, seperti Hangout, Microsoft Teams, atau Skype. Cara ini dapat membuat peserta didik tetap memiliki waktu belajar yang teratur di rumah. Sayangnya, Video Conference ini menemukan banyak kendala, seperti menghabiskan banyak kuota internet dan kualitas sinyal yang tidak bagus. Alhasil, sistem pembelajaran daring yang sampai saat ini rutin dilaksanakan MNC College adalah melalui penyediaan platform MNC College E-Learning dan melalui Google Classroom atau Whatsapp.

Berbicara mengenai pembelajaran jarak jauh, tentunya MNC College harus terus meningkatkan sistem layanan pendidikan daring ini. Selain self-regulated learnig, dimana peserta didik harus menggali sumber belajar dari internet secara mandiri, para pendidik MNC College diharapkan dapat menerapkan pemeblajaran on-demand. Peserta didik berhrap materi dan tugas yang diunggah online oleh para dosen dapat dilengkapi dengan sumber pendukungnya, seperti video pembahasan materi yang interaktif dan menerapkan pola komunikasi dua arah pada discussion forum. Selain itu, mereka juga berharap agar MNC College dapat menyediakan kuota internet untuk mendukung kegiatan belajar mereka. (DAIK)

2020-05-29T02:04:43-07:00

Leave A Comment

Open chat