Kwik Kian Gie Tax Competition 2018


Kwik Kian Gie School of Business berkolaborasi dengan Ditjen Pajak dalam mengadakan Tax Competition 2018  atau ‘Competax’ pada 15-16 November 2018. Kompetisi yang bertemakan  ‘Tax Breakthrough by Knowledge ini tepatnya diadakan di Lantai 4, Kwik Kian Gie School Of Business, Jakarta Utara, DKI Jakarta Utara dan dibuka untuk para mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini diprakarsai oleh Kwik Kian Gie Accounting forum diikuti lebih dari 46 universitas yang ada di Indonesia, termasuk diantaranya mahasiswa-mahasiswa terbaik pilihan dari program studi Manajemen MNC College.


Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 tahap. Pada tanggal 15 November diadakan Seminar (talkshow) yang dipimpin oleh Ditjen Pajak Jakarta Utara mengenai penegakan hukum dengan tema ‘Tax Breakthrough by Knowledge’. Lalu dilanjutkan dengan kompetisi demi menyeleksi sepuluh tim terbaik. Pada tanggal 16 November 2018 diadakan kompetisi dari tim-tim tersebut untuk mendapatkan juara. Dalam mekanismenya, lomba diikuti  oleh 3 orang dalam 1 tim dengan ketentuan maksimal 3 tim dari tiap–tiap Universitas. Lomba dibagi menjadi 3 tahap berupa; 100 Soal pilihan ganda, 25 Soal TPS, dan soal berformat benar/salah.


MNC College ikut ambil serta didalam event ini, dengan dikirimkannya mahasiswa akuntansi berprestasi berjumlah 3 tim (9 orang) diantaranya adalah Sekkar Deba Putri Ayuning, Asriatun Nafi’ah, Lely Trisnawati Silaen, Annissa Amillia Putri, Tri Ameliyaningsih, Nisa Nabila, Eri Kartika, Chindy Aulia Ramadhinta, dan Fetri Charisma Mahardika. Mereka didampingi oleh para dosen ahli dalam  mengarahkan tim kebanggaan demi memenangkan kompetisi. Dosen – dosen pendamping itu diantaranya adalah Darlin Aulia, S.E., M.S.Ak, Lu’lu’ul Jannah, S.E, M.Si, dan Kurnia Indah Sumunar, S.E.,M.S.Ak. Akan tetapi, sayangnya usaha tim belum mampu meraih 10 terbaik.


Walaupun tak berhasil menjadi 10 terbaik, Dosen pendamping mengaku salut dan bangga terhadap tim yang dibimbing.  Mahasiswa MNC College yang ikut serta usianya tergolong muda dan belum berpengalaman sedangkan para peserta rata – rata berjenjang Pendidikan semester 3 sampai semester 7.  Namun kemauan dan usaha untuk memenangi lomba sangat tinggi. Bagi para dosen pendamping, event ini diharapkan menjadi acuan sebagai dasar pengembangan wawasan dan potensi mahasiswa, demi meraih prestasi maupun gelar juara di kesempatan yang akan datang.  Kompetisi yang diikuti dengan variasi soal yang patut diapresiasi serta kerahasiaan soal yang terjaga dengan baik.


Kegiatan ini ditujukan supaya mahasiswa sadar sejak dini mengenai perpajakan, karena pajak merupakan tulang punggung pendapatan Negara,  memajukan perpajakan di Indonesia sebagai perwujudan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat, serta menginspirasi generasi muda untuk Wajib Pajak demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik dan sejahtera. (DA/ DR)

2019-02-21T08:33:32-07:00

Leave A Comment